R & D, Untuk Kamu Mahasiswa Jurusan Pendidikan Tingkat Akhir yang Ingin Memiliki Karya Tidak Hanya Skripsi

by Selasa, Desember 01, 2015 0 komentar
Assalamualaikum, salam semangaaaat!!

Kali ini, aku mau bahas sedikit pengalaman dan perjalanan 1-2 tahun yang lalu ketika masih menjadi mahasiswi tingkat akhir di fakultas pendidikan, jurusan PGSD di UNJ.

Kalau kamu belum tahu apa itu PGSD, itu adalah jurusan yang didedikasikan khusus bagi mahasiswa yang ingin menjadi guru SD setelahnya. Ya, PGSD adalah kepanjangan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Oke, tapi aku gak akan bahas PGSD lebih jauh karena kali ini yang mau aku bahas adalah salah satu bentuk penelitian yang biasanya akan dipilih ketika kamu sudah berada di semester akhir alias menyusun skripsweet. Hehe :)

R & D atau dalam Bahasa Indonesia adalah Penelitian dan Pengembangan sebenarnya bukan hanya khusus untuk dunia pendidikan saja, karena penelitian ini cukup luas jangkauannya namun dengan satu fokus yang sama, yaitu mengembangkan suatu produk atau metode, atau menyempurnakan ide dan lain sebagainya.
Intinya, R & D ini mengajak kamu untuk berpikir lebih kreatif tidak hanya meneliti dan memecahkan suatu masalah dengan treatment tertentu tetapi juga membuat inovasi baru dan biasanya menciptakan karya yang nantinya dapat menjadi solusi untuk masalah yang ada dan tidak hanya yang sedang kamu teliti saja.
Berbeda dengan penelitian kuantitatif yang syarat hitung-hitungan atau kualitatif yang didominasi dengan deskripsi penelitian, R & D ini adalah bentuk keseimbangan kedua penelitian tersebut. Yang menarik dari R & D adalah kamu bebas menggabungkan metode kuanti dan kuali yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penelitian kamu. Jadi, menurut aku, ini sangat memudahkan.

Pengalamanku menyusun skripsi dengan tipe penelitian ini bukan tanpa alasan.
Berawal dari ketertarikan saat melihat skripsi kakak tingkat yang telah berhasil menciptakan buku lagu sehingga bisa ia gunakan nantinya saat sudah terjun langsung di dunia sekolah membuatku termotivasi juga untuk menciptakan hal serupa namun dengan bentuk yang berbeda.
Waktu itu aku mengambil fokus penelitian di mata pelajaran Matematika, karena meskipun sudah banyak penelitian di mapel ini, tetapi tidak bisa dipungkiri kalau Matematika tetaplah menjadi masalah tersulit bagi peserta didik kita di sekolah dasar. Oleh karena itu, aku memberanikan diri untuk mengajukan judul skripsi dengan jenis penelitian R & D yaitu Pengembangan Modul Matematika Bergambar.

Sempat ditolak beberapa kali oleh dosen pembimbing saat itu dan juga dosen expert di bidang Matematika karena dianggap Modul itu terlalu luas dan juga tidak cocok untuk usia SD. Menurut mereka, Modul biasanya ditujukan untuk pelajar tingkat atas yang sudah mampu belajar secara mandiri. But, skripsi must go on, right? hehe, Jadi aku lanjut terus dengan menyusun proposalnya hingga bab 3 dan membuat draft awal modul yang akan dikembangkan untuk meyakinkan mereka.
Hasilnya? Alhamdulillah, berhasil! Judul dan proposalku diterima namun dengan revisi judul yang berubah menjadi "Pengembangan Bahan Ajar Matematika Bergambar Materi Pecahan Di Sekolah Dasar."

Cover Modul MatematikArt Bilangan Pecahan

Kalau kamu juga merasakan hal serupa, saranku adalah jangan menyerah! Anggap ini adalah bentuk ujian pertama sebagai penggagas ide dan untuk menunjukkan keseriusanmu untuk melanjutkan proyek tersebut, karena sebenarnya dosen itu sering menilai kesungguhan mahasiswanya agar jangan sampai kesulitan di tengah jalan dan akhirnya menyerah sehingga skripsimu gak kelar-kelar.
Seperti yang dosen favoritku bilang, "skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai, titik."

So, buat kamu yang juga tertarik menyusun skripsi dengan tipe R & D ini, aku kasih sedikit tips dan semoga bermanfaat.

1. Pastikan kamu benar-benar sanggup tidak hanya niat untuk serius terjun dalam penelitian ini.
    Karena jujur, penelitian ini benar-benar melelahkan dan menguras waktu lebih ekstra.

2. Pastikan ide kamu orisinil dan memang sangat diperlukan untuk dikembangkan.

3. Tentukan dengan jelas, ide kamu ini bisa dikembangkan untuk bidang mapel yang mana.

4. Judul kamu harus mencerminkan produk yang kamu kembangkan.
Khusus judul, R & D ini bahkan tidak memiliki variabel terikat karena memang ini fokus membahas produk kamu, jadi pastikan produk itu "menjual" di skripsi kamu.

5. Pilih model pengembangan R & D yang sesuai dengan produk yang kamu kembangkan, karena model R & D itu banyak jenisnya.

6. Referensi pengembangan R & D terbilang masih sedikit dan kebanyakan masih fokus untuk dunia bisnis dan bidang umum lainnya. Jadi pintar-pintarlah untuk lebih sering berkomunikasi dengan dosen yang memang expert dengan R & D agar kamu bisa dapat pencerahan.

7. Jika penelitianmu ingin menghasilkan produk yang memerlukan desain tertentu, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli desain jika memang kamu tidak mampu mengerjakan sendiri. Tenang saja, kamu tidak akan dianggap tidak kompeten karena produkmu dikerjakan orang lain karena sebenarnya yang dinilai adalah idemu, sedangkan pengerjaannya boleh meminta bantuan orang lain. Ingat ya, bukan menyerahkan semuanya dikerjakan dari nol oleh orang lain, tetapi semua ide produk tetap kamu yang merencanakan, ahli hanya membantu mewujudkannya dalam bentuk yang sesuai harapanmu.

8. Jika nantinya produk kamu ingin diproduksi dan diujicobakan pada konsumen, pastikan waktunya harus sesuai. Jika produkmu untuk anak SD dan itu mengacu pada materi di semester 2 jangan sampai kamu mengujicobakannya di semester 1 karena dianggap tidak relevan. Jadi, mulai pikirkan estimasi yang kamu butuhkan dalam proses pengembangan produk dan juga waktu saat uji coba. Untuk info,  R & D yang sesungguhnya memang memerlukan waktu yang lebih lama dibanding penelitian lainnya karena penelitian ini akan sering menemukan tahap "trial and error" sehingga membutuhkan revisi berulang-ulang untuk akhirnya bisa diterima.

9. Sering-seringlah meminta pendapat, saran dan kritikan dari pengguna produk kamu, baik itu siswa atau guru, dosen dan juga orang sekitarmu tentang produkmu itu, karena meskipun kamu merasa produkmu sudah sempurna tetapi nantinya produk itu kan bukan untuk kamu gunakan sendiri tetapi konsumenmu, jadi jangan egois dan sakit hati yah kalau nantinya produkmu harus dirombak berulang-ulang.

10. Yang terpenting dari penelitian ini adalah budget! Yah, tidak bisa dipungkiri, R & D yang menghasilkan suatu produk apalagi saat uji coba harus diperbanyak sesuai jumlah sampel itu sangat menguras budget kamu. Jadi, mulai pikirkan masalah keuangan dari awal kamu memilih penelitian ini.Sering-sering menabung dan cari pundi-pundi keuangan yang bisa kamu dapatkan. Mulai dari beasiswa, atau uang saku bulanan dari orang tua, atau kerja sambilan sebelum kamu memulai skripsi dan juga mencari alternatif cerdas untuk menekan budgetmu saat produksi. Misalnya produkmu adalah buku dan nantinya akan dibagikan kepada sejumlah sampel, jika buku itu masih tahap awal dan nantinya akan ada revisi tidak perlu kamu mencetaknya di percetakan, itu terlalu mahal karena percetakan biasanya untuk mencetak skala besar. Jadi kalau hanya beberapa buah buku saja, lebih baik kamu mencetak sendiri dengan printermu. Atau jika produkmu berupa media pembelajaran seperti alat peraga, kamu bisa membuatnya hanya 3 buah saja dan nantinya saat diujicobakan menggunakan simulasi berkelompok jadi tidak perlu 1 anak 1 alat peraga.

Yup, itu 10 tips yang bisa aku bagikan buat kamu yang semuanya disesuaikan dengan pengalamanku sendiri saat mengerjakan R & D ku.
Setiap orang pasti akan menemui masalah dan pemecahannya yang berbeda, 10 tips itu tentu tidak bisa mencover semua masalah kamu.
Jadi, jika kamu ingin berbagi atau berdiskusi lebih lanjut, kamu bisa langsung menuliskan komentar di bawah tulisan ini atau menghubungiku via FB atau kontakku.

Sukses buat skripsimu!
Semangat menjadi mahasiswa luar biasa dengan menciptakan karyanya sendiri!
:)

HalloRufi

Blogger

tidak semua yang kutulis adalah tentangmu, dan tidak semua yang kamu baca adalah tentangku. Aku hanya menitipkan sebagian hatiku di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com